About MAN INSAN CENDEKIA Serpong

Jumat, 22 April 2011

                Menjawab banyak pertanyaan dari teman-teman saya, baik teman di dunia nyata maupun teman di dunia maya yang menanyakan dimana saya bersekolah, akhirnya saya berinisiatif untuk membuat posting tentang sekolah saya.
                Dari judulnya saja sudah ketahuan, saya sekolah di INSAN CENDEKIA, saat ini saya masih duduk di kelas sepuluh. Bagi teman-teman yang belum tahu, inilah sedikit post tentang sekolah saya,monggo disimak:
                INSAN CENDEKIA adalah sekolah yang berdiri atas prakarsa dari B.J Habibi (itu loh,presiden ke 4 kita) pada tahun 1996.Pada awalnya  sekolah ini berada dalam pengawasan BPPT  dan masuk dalam program STEP (Science and Technology Equity Program). Ketika itu nama sekolah saya SMU MAGNET SCHOOL, menurut saya itu nama yang keren!,iya enggak sih? Katanya sih berarti menarik banyak orang pintar, menarik perhatian bla..bla..bla.. pokoknya menarik-narik kayak Magnet gitu deh. Tapi beberapa tahun kemudian nama sekolah saya di ganti menjadi SMU INSAN CENDEKIA. Konon nama ‘INSAN CENDEKIA’ di berikan oleh mantan ibu negara, yang tak lain dan tak bukan adalah istri dari Pak Habibi, ibu Ainun. Oh iya, waktu tahun pertama pengajaran jumlah guru melebihi jumlah murid, jadinya jika tiap guru satu murid ada beberapa guru yang menganggur,haha...

                                “Dulu, ketika ibu diterima menjadi guru disini ( IC ), Murid belum ada, bangunan belum ada bahkan sistem yang akan dijalani belum ada.Kemudian kami para guru di karantina beberapa bulan untuk pelatihan dan membuat atau merencanakan sistem yang akan berlaku sembari menunggu bangunan jadi dan tahun pelajaran di mulai. Ketika bangunan jadi,bertepatan dengan penerimaan siswa baru. Angkatan pertama semuanya berasal dari sebuah sekolah di Jawa Timur.Kemudian waktu demi waktu akhirnya bertambah besarlah sekolah kita hingga saat ini yang mendaftar mencapai 3800 orang” tutur ibu guru ekonomi saya, Ibu Fatri Amida yang termasuk guru-guru pertama.

                Oh iya, lokasi sekolah saya di Serpong, tepatnya di jalan Cendekia no 1sektor XI, BSD City. Konon, di tempat sekolah saya berdiri,dulunya merupakan rawa-rawa dan daerah dengan ketingginan di bawah desa-desa lain disekitarnya. Dengan luas sekitar 5 hektare persegi,rawa-rawa itu disulap menjadi sekolah saya yang ASRI, bersamaan dengan proyek penyulapan daerah kampung manjadi sebuah kota dalam kota : BSD City.
                Sistem yang berlaku di sekolah saya adalah Boarding School, Sekolah Berasrama. Dahulu ketika masih dalam pengawasan BPPT dan mengacu ke dinas pendidikan, nama sekolah saya SMU. Tetapi pada tahun  2001 Departemen Agama mengambil alih sekolah kami, yang berefek pada bergantinya nama sekolah kami menjadi MAN INSAN CENDEKIA. Sesuai dengan VISI sekolah kami yaitu:

                                “Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat.”

                Maka Depag tetap bekerjasama dengan BPPT untuk mempertahankan Intelektual dan sistem yang telah berjalan untuk memajukan IPTEK.Ketika Depag mengambil alih sekolah kami, terjadi sebuah keajaiban. SPP sekolah saya di kurangi, tahun berikutnya di kurangi lagi sampai akhirnya BEASISWA TOTAL yang terjadi sejak 4 tahun silam, jadi saya sekarang bersekolah GRATIS, mulai dari pendaftaran masuk, seragam, buku, makan, asrama,spp dan lain-lain pokoknya semua serba GRATIS.
Entah sampai kapan subsidi dari pemerintah ini tetap berlaku, harapan saya jika ini memang yang terbaik semoga tetap seperti ini sampai adik saya masuk sini entar,haha...
Sekolah saya yang tergolong masih baru dan masih Remaja telah banyak berprestasi. Bukannya sombong, tapi saya hanya menceritakan nikmat yang telah Allah berikan. INGAT, kalau dapat rezeki atau nikmat kita di anjurkan untuk menceritakannya, iya kan?Dengan prestasi yang banyak, baik itu dalam OSN (Olimpiade Sains Nasional ) ataupun dalam Olimpiade-Olimpiade internasional plus BEASISWA tentunya mendorong banyak anak masuk sini, termasuk saya ! Dan kau tahu, kawan, saya termasuk yang benar-benar beruntung, bayangkan dengan otak sedodol ini dan kemalasan yang luar biasa saya berhak sekolah disini bersama 119 teman lainnya. Betapa bahagiannya saya, menjadi satu dari 120 orang yang beruntung dapat lolos dan memupus harapan 3680an anak lainnya.Iya ketika saya mendaftar, total yang mendaftar ada 3800an orang kemudian yang lulus seleksi berkas ada 3600an anak. Dari 3600 tersebut dipilih 120 orang (entah yang terbaik atau yang terberuntung,hahaha..)nah saya terpilih! Haha...betapa bahagianya saya!

                Ketika pertama kali masuk, saya betul-betul tidak mengenal siapapun, tidak teman, tidak kakak kelas, tidak guru atau siapapun. Saya tidak mengenal siapapun ketika pertama kali  masuk ! Padahal ini berasrama, dan saya akan tinggal jauh dengan keluarga ,tapi kau tahu kawan? Saat ini saya merasa memiliki banyak teman yang mencintai saya dan menganggap saya keluarga mereka, benar, sekarang  saya merasa punya banyak teman yang menemani saya baik dalam duka maupun suka.Saya akan selalu merindukan kalian semua kawan!
                Disekolah saya, sistem yang berlaku adalah Moving Class, itu loh,pindah-pindah kalau sudah selesai pelajaran. Ngerti kan?jadi kelasnya bernama kelas B.Indo, kelas Fisika..dan seterusnya. Capek sih, tapi jadi sedikit anggak bosen. Bayangin saya harus berangkat pukul setengah tujuh, lalu apel setelah apel pelajaran dimulai pukul 7 dan akan berakhir pukul setengah empat lebih 10 menit dengan waktu istirahat dua kali. Pukul setengah sepuluh lebih dan istirahat untuk sholat dhuhur dan makan siang. Tapi saya dapat bernafas bebas ketika sudah mencapai hari Jum’at sore, karena setelah itu, esoknya hari sabtu sekolah saya hanya sampai jam 12 belum mata pelajarannya adalah: Krida( semacam senam kreasi gitu, tahu kan?), Seni ( disini saya harus memilih satu dari empat:Lukis,Suara,Musik dan desain Grafis...saya pilih Lukis), dan ada Leadership yang pengajarnya dari luar dari ILNA kalau tidak salah. Kenapa Cuma sampai dhuhur? Karena setelah itu sampai sore hanya ada ekskul dan spesialisasi. Ekskul di IC ada banyak sebut saja: Paskibra, Taekwondo, Jiwandaru( Pecinta Alam), Choir(paduan suara),Ice cube ( Insan Cendekia Club of english),Band,Marawis,Hadrah, Jurassic(Jurnalis in IC),KCB(klub cinta buku),Jami’atul Qurra,club mandarin,club arabic..dan club DoTA,haha...Sedangkan untuk spesialisasi( tiap anak wajib ambil satu),ada: Sepakbola, basket, Pencak silat, Voli, Badminton dan Tenis Meja. Dari semua itu saya mengambil: Jiwandaru,Ice cube, Marawis dan Sepakbola. Intinya Hari Sabtu itu menyenangkan! Oh ya pakaian kami juga bebas saat hari sabtu.
                Pada hari minggu, ada banyak sekali kegiatan, mulai dari keluar kampus untuk berbelanja atau sekedar jalan-jalan, latihan Band, tidur, beres-beres hingga ada Liga Bagus. Semacam Liga sepakbola dimana anak IC menjadi pemain-pemainnya.Pemain-pemain yang sudah mendaftar dibagi kedalam 6 tim, ada : Sambalado, Celtic, MU, Screch Go,  Blazer dan TNT ( Tanpa Nama Tetap ). Kemudian 6 tim tersebut berkompetisi layaknya liga profesional. Setiap tim bermain 10 kali, kandang-tandang. Yang juara ya yang menduduki peringkat teratas. Pokoknya keren deh, ada wasitnya, ada seragam turunannya, ada hadiah top scor dan yang terpenting ada menejernya! Biasanya menejernya cewek-cewek yang suka teriak-teriak, tugasnya ya nyemangatin, memberi motivasi dan bawain minum,hehe. Ada juga DBC, yaitu liga untuk basket. Disemester dua ada juga IC Cup, yaitu turnamen sepakbola yang formatnya semi turnamen. Jadi mirip piala dunia gitu, 6 tim tadi dibagi menjadi 2 grup. Juara satu dua maju ke babak gugur. Hingga terpilih siapa yang menjadi juara. Pokoknya seru lah!
                Di sekolah ini, saya juga belajar banyak, soalnya acaranya yang banyak banget, misal:
                - GAKIC: Gelar Tanding Antar Kelas IC (semacam Olimpiade Olahraga )
                - KARTINI Day : acara memperingati hari Kartini ( ada lomba kayak Putri Indonesia gitu )
                -CYCLONE: Lomba-lomba,ada: bikin video klip, krida, poster dll
                -I-Fun :Memperingati Ramadhan, ada lomba2 Ekstern,oh ya ada lomba Blognya juga lho!
                -Sonic Linguistic: Acara Ekstern terbesar,lomba2 dalam IPTEK,Bahasa,Jurnalistik dan Seni Budaya,kemarin lingkupnya Nasional loh..
                -ICare: Acara Ekstern,semacam Baksos gitu,tapi ada donor darah, free aid dll
                -Disguise: Acara konsernya Band-band IC ( FYI: Band di IC ada 40an)
                -GRANAT: Acara Ekstern, lomba Basket dan Baris berbaris masih se JABODETABEK dan BANTEN
-dll
                Pokoknya acaranya banyak banget dah, yang di atas masih segelintir kecil, mungkin di lain kesempatan akan saya jelaskan satu-satu.Mustahil bagi seorang siswa belum pernah menjadi kepanitiaan apapun.Pasti pernah,kalau enggak 2 ya 3 kali,itupun orang-orang yang anti Sosial,haha... Dengan Acara yang begitu banyak membuat saya betah dan selalu merasa rindu untuk terus ada acara, padahal hampir tiap malam minggu ada acara. Tapi sumpah, acara-acara itu mengompakkan kami semua, mulai dari kelas, angkatan hingga semua civitas. Dan acara ini bisa melepas kepenatan saya akan pelajaran-pelajaran Sekolah,haha...
                Mungkin itu sedikit tentang sekolah saya, sedikit gambaran tapi semoga di mengerti. Oh ya bagi yang mau masuk sekolah saya monggo, atau mau ikut lomba-lombanya bisa tanya kesaya... Terimakasih...oh ya, kalau mau tahu lebih lanjut bisa di klik www.ic.sch.id ........

nih foto-foto sekolah saya,monggo dilihat...


Masjid

Gedung Administrasi

Liga Bagus Dimainkan Disini

Gedung Pendidikan

The Plaza

Saung..tempat makan

Gedung serba guna

Asrama G
               

7 komentar:

  1. Iffa Mursyidah mengatakan...:

    koreksi :
    bukan "setengah empat lebih 10 menit" tapi setengah empat lebih 5 menit.

  1. Ree mengatakan...:

    maksih atas koreksinya...dan juga kunjungannya

  1. Ikhwan..!!! mengatakan...:

    etika Depag mengambil alih sekolah kami, terjadi sebuah keajaiban. SPP sekolah saya di kurangi, tahun berikutnya di kurangi lagi sampai akhirnya BEASISWA TOTAL yang terjadi sejak 4 tahun silam, jadi saya sekarang bersekolah GRATIS, mulai dari pendaftaran masuk, seragam, buku, makan, asrama,spp dan lain-lain pokoknya semua serba GRATIS.

    yang benar, tahun 1996 sampai 2001 itu awalnya gratis, biaya meningkat, per tahun 2001 peningkatannya cukup signifikan bahkan puncaknya sampai tahun 2006. per tahun 2007 dgn ajaib tiba2 gratis. yg dari tahun 2001-2006 cuma bisa gigit jari, kok bisa ya :D

  1. Farhan Bachtier mengatakan...:

    mau tanya mengenai pendaftaran tahun ajaran 2014/2015 itu kapan ya pendaftarannya? soalnya buka website yg http://ic.sch.id/ tertulis disitu tahun ajaran 2013/2014 bukan 2014/2015 mohon atas balasannya

  1. Farhan Bachtier mengatakan...:

    mau tanya mengenai pendaftaran tahun ajaran 2014/2015 itu kapan ya pendaftarannya? soalnya buka website yg http://ic.sch.id/ tertulis disitu tahun ajaran 2013/2014 bukan 2014/2015 mohon atas balasannya

  1. Farhan Bachtier mengatakan...:

    mau tanya mengenai pendaftaran tahun ajaran 2014/2015 itu kapan ya pendaftarannya? soalnya buka website yg http://ic.sch.id/ tertulis disitu tahun ajaran 2013/2014 bukan 2014/2015 mohon atas balasannya

  1. Diizinkan pakai hp di sana? Mohon balasannya