ETIKA DALAM NGE-BLOG

Rabu, 20 April 2011
Sebelumnya...sebelum saya mulai, sebenarnya artikel ini sudah di post oleh senior saya: Sang cerpenis bercerita..tapi karena menurut saya bagus dan bermanfaat bagi para blogger, terutama Newbie seperti saya..ya sudah akhirnya saya minta izin untuk saya sebarkan lewat blog saya...
Isi dan konten di artikel yang berjudul asli : SOPAN SANTUN DI DUNIA BLOGGING
hanya sedikit mengalami perubahan, jadi kalau pembaca membaca kata 'saya', SAYA disini adalah pembuat artikel pertama,yaitu Sang Cerpenis Bercerita. mungkin saya hanya menambahkan sedikit komentar...langsung saja,check this out..

Banyak yang bilang, ngeblog bisa menghasilkan uang. Apalagi bagi blog yang PR nya tinggi. Tidak heran,banyak orang membuat blog dan berusaha mendapatkan back link banyak-banyak. Saking ngebetnya ngedapetin back link, setiap kali mampir ke blog orang lain, komentarnya cuma :

- TUKERAN LINK yuk!
- Hai, sob..blognya keren. Tukeran link yuk!
- Mampir dong ke blog saya http : .......

Dan masih banyak lagi komentar 'ASAL' hanya untuk kepentingannya sendiri.

Wah, wah....menghadapi blogger-blogger sejenis ini, saya sih bakal cuek bebek deh. Paling juga saya kunjungi balik blognya tapi...tukeran link? Malas deeh. Keliatan niatnya cuma buat ngedapetin back link.

Dulu saya selalu berusaha memenuhi permintaan tukeran link dengan para blogger baru karena berniat jadi teman mereka. Apalagi saya juga pernah mengalami jadi blogger baru alias newbie. Tetapi, saya sering dikadalin mereka tuh. Setelah link mereka saya pasang dan mereka memasang link blog saya, eh...setelah lewat beberapa bulan, mereka malah mencopot link saya dari blog mereka. Atau....kadang-kadang mereka ganti template dan tidak mencantumkan link blog saya. Tak jarang, setelah berubah jadi blog bisnis karena blognya ber PR tinggi. Lalu, link saya dihapus begitu saja. Teganya...teganya...hiks..

Berdasarkan pengalaman itu, saya jadi malas sama blogger-blogger yang nongol sekali doang cuma buat tukeran link. Karena saya bukan blogger bisnis yang mata duitan (walau blog ini sudah pernah menghasilkan uang sedikit) maka saya cuekin aja deh permintaan tukeran link. Bukannya sombong atau sok, tapi..saya ngeblog itu buat menyalurkan hobi menulis dan berbagi artikel untuk menghibur dan memberi pencerahan kepada teman-teman, jadi...kalo ada yang niatnya gak tulus seperti itu kayaknya salah alamt minta tukeran link sama saya.

Bahkan, ada yang tidak punya sopan santun sama sekali. Bilangnya link saya sudah dipajang, tapi pas dicek tidak ada sama sekali. Waduh, ngibul kelas teri rupanya. He he he..
So, bagi para newbie saya mau bagi-bagi tips SOPAN SANTUN DI DUNIA BLOGGING. Yuk, disimak!

1. RAJIN BW

Bagi blogger baru ini wajib hukumnya. Bagaimana blogmu mau dikunjungi kalo kamu malas berkunjung ke blog orang lain? Jangan mau enaknya aja dong. He he he..

2. KASIH KOMENTAR DONG

Setelah mampir ke blog temanmu, usahakan baca artikelnya dan beri komentarmu. Kalo toh artikelnya gak menarik, terlalu panjang, dll yang bikin kamu malas bacanya, yah...coba ambil inti artikel itu, lalu komentarin. Sedikit aja juga boleh kok. Asal masih nyambung. Kalo kamu diam membisu, bagaimana temanmu tahu kamu sudah mampir ke blognya? ( komentar juga untuk artikel ini ya..hehe)

3. KOMENTAR YANG SOPAN

Komentar gokil boleh aja selama masih dalam batas kesopanan. Komentar yang menyatakan opinimu yang bertentangan dengan artikel di blog temanmu juga boleh, selama tidak menyinggung perasaan temanmu. Berbeda pendapat boleh aja toh, asal jangan kasar ngomongnya.

4. JANGAN ASAL TUBRUK

Pertama kali kamu mampir ke blog orang, jangan main asal tubruk minta tukeran link. Itu sama sekali ENGGAK SOPAN. Mbok ya kunjungi blog temanmu berkali-kali dan beri komentar. Berteman dulu agak lama baru...minta tukeran link. Lha, di dunia nyata aja kalo kamu tertarik sama seorang perempuan, kamu kan mesti minta kenalan dulu. Jabat tangan dulu. Ngobrol sana sini dulu, baru deh...pdkt. Coba aja kalo kamu langsung bilang I love you sama cewek yang baru kamu kenal, apa nggak kabur ceweknya? Hi hi hi...( analogi yang bagus kak )

5. JANGAN CURANG

Setelah tukeran link dengan temanmu, jangan sekali-kali kamu berbuat curang. Diam-diam, kamu copot link blog temanmu.( wah, parah banget ) Entah karena kamu merasa isi blognya bikin kamu bete, gak sreg, dll. Atau...kamu sebel sama orangnya karena dia - mungkin - pernah komentar yang aneh-aneh di blogmu. Selama linkmu masih nangkring di daftar link blog temanmu, maka kamu juga harus memasang linknya dia di blogmu. Walaupun kamu gak suka sama dia dan gak mau mampir ke blognya lagi.

Jujur, saya juga pernah bete dengan beberapa teman blogger yang memberi komentar 'aneh' di blog saya tapi saya tetap masang link mereka selama link blog saya masih nongol di daftar link blog mereka. Biar adil toh?

6. RENDAH HATI

Penting buat para newbie. Kalo mau tukeran link, apalagi dengan blogger senior, jangan meminta linkmu dipasang duluan
. Tapi, bersikaplah rendah hati. Pasang link temanmu lebih dulu, lalu beritahu dia. Lihat tanggapannya, apakah dia juga memasang linkmu di blognya sebagai balasan? Atau..dia cuek saja? Kalo dia cuek saja, yasuds berarti dia memang gak mau tukeran link sama kamu. Kamu berhak mencopot linknya dia dari blogmu. Dan, gak usah pake sakit hati. Hak dia toh untuk menolak tawaranmu bertukeran link.

Cari saja teman blogger lain yang mau tukeran link. Blogger toh gak cuma dia seorang.

7. JANGAN SOMBONG

Setelah jadi blogger senior, jangan sombong sama yang junior. Bersikaplah ramah dan selalu mau menolong yang junior.

8. JANGAN JADI ANONIM

Jangan mentang-mentang dunia maya, kamu jadi seenaknya dewe. Misalnya : kasih komentar tapi pake Anonim karena takut diketahui id nya. Itu jelas menunjukkan sifat pengecut. Beraninya pake topeng. He he he...

Nah, segitu aja tips dari Sang Cerpenis Bercerita. Semoga bermanfaat bagi teman-teman. Kalo ada yang mau nambahin, monggo....silakan. oh ya saya tambahin kak..

9.KALAU COPAS SERTAKAN SUMBER

Ini penting,biar nggak dituntut. lagian kalau nyertakan link teman entar sama-sama untung kan, punya dia kebaca,punya kita juga.Walaupun dia enggak nyertakan link kamu,kan dia sumber kamu, dia yang berhak untunk lebih kan?

10.JANGAN NGE-POST ASAL

Maksudnya jangan asal ngepost sesuatu yang belum tentu benar,berabe kan kalau kita ngepost tentang sesuatu yang penting,trus ada yang copas sebagai bahan refrensi tapi ternyata punya kita salah dan sesat,menyesatkan banyak orang kan?

Nah 2 poin terakhir itu tambahan dari saya, walaupun bahasa dan kata-katanya masih kalah jauh dari 8 poin pertama,yang penting pada faham kan?tinggal prakteknya saja ya..
kalau mau ada yang nambahin monggo,mau di komentarin monggo...mau diprotes silahkan..


Sumber: http://just-fatamorgana.blogspot.com/

3 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    halo tks ya udah majang artikel saya di sini.

  1. Unknown mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Ree mengatakan...:

    @Sang Cerpenis bercerita : wah-wah..kunjungan anda sangat berarti bagi saya selaku orang baru..terimakasih banyak kak atas izinnya,dukungannya dan kunjungannya..